You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Sindang
Desa Sindang

Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah

Selamat datang di website Open Sistem Informasi Desa (SID) Desa Sindang | Kecamatan Mrebet | Kabupaten Purbalingga | Desa lebih efisien, efektif, transparan, akuntabel, layanan publik, dan masyarakat mendapat akses informasi lebih baik.

Digitalisasi UMKM dan Penyuluhan Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Mahasiswa KKN Unsoed Kepada UMKM Desa Sindang

Administrator 24 Juli 2024 Dibaca 53 Kali
Digitalisasi UMKM dan Penyuluhan Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh Mahasiswa KKN Unsoed Kepada UMKM Desa Sindang

Mahasiswa KKN Universitas Jenderal Soedirman 2024 melakukan kegiatan digitalisasi UMKM dan penyuluan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada masyarakat Desa Sindang. Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari beberapa program kerja unggulan yang dicanangkan dengan mengikuti tema KKN Unsoed periode pertama yaitu “Pendampingan UMKM dan BumDes Untuk Menggerakan Ekonomi Masyarakat.”  Program kerja ini dijalankan pada tanggal 18 Juli sampai 19 Juli 2024  dengan mengunjungi beberapa UMKM di Desa Sindang seperti Mie Ayam & Aneka Es Tabah, Tambal Ban Tabah, Uncle 01 (toko kelontong), manufaktur Sriping Pisang Ragil Adnan, Pentol & Sempol By Babeh Dedi.

Lebih lanjut, program kerja kerja ini berisi kegiatan pembuatan Qris untuk pembayaran digital melalui aplikasi DANA, membuat Whatsapp bisnis, dan membantu UMKM memasukkan lokasi UMKM ke dalam aplikasi GoogleMaps, setelah itu mahasiswa melakukan penyuluhan NIB. Untuk melaksanakan program kerja digitalisasi UMKM, pendaftaran UMKM ke Google Maps, dan penyuluhan Nomor Induk Berusaha (NIB), langkah-langkah berikut dapat diikuti. Program ini akan dijalankan dalam dua shift, yaitu shift pagi dan shift sore, dengan masing-masing shift mengunjungi dua lokasi UMKM. Pada tahap persiapan, mahasiswa akan mengidentifikasi UMKM target, membagi tim kerja, dan menyiapkan perangkat serta materi yang diperlukan. Shift pagi dimulai pukul 09.00 hingga 12.00, dimulai dengan perjalanan ke lokasi pertama UMKM, dilanjutkan dengan perkenalan digitalisasi, pendaftaran Google Maps, dan penyuluhan NIB. Setelah itu, mahasiswa akan melanjutkan ke lokasi kedua dengan agenda yang sama. Shift sore berlangsung dari pukul 14.00 hingga 17.00, dengan format yang serupa: kunjungan ke lokasi ketiga dan keempat dengan kegiatan digitalisasi, pendaftaran Google Maps, dan penyuluhan NIB.

Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan UMKM dalam  meningkatkan akses pasar, akses pembiayaan, efisiensi operasional, serta mempermudah UMKM dalam mengakses program bantuan dan pinjaman.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image